Renungan

Dewasa Rohani

24 mARET 2009
Tingkat kedewasaan rohani seseorang ditandai dengan gaya hidup dan pengakuan hidup ???Bukan kehendakku yang jadi, tetapi kehendak-Mu yang jadi.??? Inilah sebenarnya inti penyerahan yang benar. Harus diterima bahwa percaya kepada Yesus berarti menjadi milik Tuhan. Jika kita adalah milik Tuhan, kita harus mau menerima apapapun juga perlakuan Tuhan atas hidup kita. Baik yang menurut kita mnyenangkan maupun yang tidak menyenangkan.
Menjadi seseorang yang telah ditebus oleh darah Yesus, berarti kita tidak berhak merasa memiliki sesuatu. Inilah yang seharusnya menjadi pergumulan setiap orang percaya — bagaimana Allah dapat berdaulat penuh untuk mengendalikan dan mengambil alih kendali hidup kita. Yang menjadi pertanyaan di sini adalah bagaimana kita dapat memberi diri dan dikuasai Allah sepenuhnya?
Maria ???ibu??? Yesus, memberikan keteladanan untuk kita. Ketika malaikat Gabriel memberitakan kepadanya bahwa ia akan melahirkan, ia berkata ???Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.??? (Lukas 1:38). Kata ???hamba??? dalam teks asli Alkitabnya berarti budak. Dan seorang budak adalah seorang yang tidak memiliki hak apapun atas dirinya. Maria menghormati dan mengerti benar akan hal itu. Untuk itulah ia tidak berbantah-bantah sedikitpun dan rela diperlakukan apa saja oleh Allah. Ia mempersilahkan Allah berdaulat penuh atas dirinya.
Banyak orang Kristen gagal menjadi hamba Tuhan yang baik karena mereka tidak memberi diri untuk dimiliki dan dikuasai oleh Tuhan. Hidup kita ini adalah seperti tanah liat yang ada di dalam genggaman Allah. Terserah Allah mau menjadikan kita seperti apa. Bila Allah memperlakukan kita untuk kepentingan-Nya, maka itu pasti yang terbaik untuk kita. Jadi bila kita menghadapi suatu masalah, janganlah kita memandang hal itu sebagai musibah. Tetapi pandanglah itu sebagai suatu kesempatan bagi Allah untuk berdaulat penuh di dalam hidup kita.Yang pada akhirnya nanti kita dapat berkata; ???Allah yang ada di dalamku jauh lebih besar daripada masalahku yang paling besar.???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: