Perlengkapan Senjata Allah VII

Ketopong Keselamatan

Efesus 6:17 dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,

Ketopong adalah pelindung kepala. Kepala adalah salah satu organ tubuh yang paling vital. Bila terjadi gangguan pada kepala maka akan sangat berpengaruh kepada seluruh tubuh. Kepala adalah pusat segala aktivitas tubuh sebab segala pergerakan tubuh manusia di perintahkan dari sana. Apabila kepala mengalami kerusakan maka lumpuhlah seluruh tubuh. Oleh sebab itu kepala harus sangat di jaga. Zaman sekarang ketopong lebih terkenal dengan Helm. Mulai dari tentara sampai pengendara motor harus memakai alat ini agar lebih aman. Mengapa? Agar apabila terjadi sesuatu misalnya kecelakaan, masih ada harapan selamat karena kepala terlindungi dan terhindar dari kerusakan.

Dalam perjalanan kerohanian, kita pun harus senantiasa mengenakan ketopong pada tubuh rohani kita, itulah ketopong keselamatan, karena dalam perjalanan kita banyak bahaya dan rintangan dari si jahat yang senantiasa berusaha mencelakakan kita. Ia berusaha mencelakakan kita dengan menyerang kepala tubuh rohani kita yaitu pikiran-pikiran kita. Itulah sebabnya pikiran kita harus di kenakan ketopong keselamatan.
Wujut dari ketopong keselamatan itu adalah dengan menaruh pikiran kita akan pengharapan keselamatan yang dari Tuhan.
I Tesalonika 5:8 Tetapi kita, yang adalah orang-orang siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan.

Saudaraku, dalam hidup ini iblis senantiasa menaruhkan pikiran-pikiran jahat, kotor, cabul, dan pikiran yang tidak benar lainnya yang ada di dunia ini pada pikiran kita. Iblis berusaha menjauhkan pikiran kita dari pikiran yang yang bersifat rohani sehingga kita tidak ingat dan tidak terpikir lagi akan Tuhan. Maka janganlah kita heran kalau banyak orang yang tidak percaya Tuhan itu ada, Mengapa? Karena pikiran mereka telah dipenuhi oleh hal-hal dunia ini. Mereka hanya menaruhkan pengharapannya pada dunia ini dengan mengejar perkara-perkara yang ada di bumi saja. Itulah sebabnya pada umumnya mereka takut akan kematian karena mereka tidak punya pengharapan akan kehidupan setelah kematian. Mereka mengira bahwa hidup ini adalah hidup yang ada di dunia ini saja. Jadi, kematian begitu menakutkan dan menganggap sebuah kesialan bagi yang mengalaminya. Bagi orang Kristen kematian bukanlah kesialan melain sebuah keuntungan (Filipi 1:21) karena dengan kematian maka kita akan memasuki kehidupan kekal yang penuh kebahagiaan bersama dengan Tuhan Yesus.

Orang Kristen yang masih takut akan kematian adalah orang Kristen yang paling malang karena walaupun mereka percaya Kristus, namun kepercayaan mereka hanya untuk hal-hal dunia ini saja.

I Korintus 15:19 Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.

Namun satu hal, saya berkata demikian bukan berarti kita tidak menjaga tubuh kita. Tubuh harus tetap dirawat dan di pergunakan untuk kemuliaan Tuhan, karena tubuh kita adalah bait Roh Kudus yaitu tempat Roh Kudus berdiam. Oleh sebab itu Tuhan meminta kepada kita untuk memikirkan perkara-perkara yang diatas, bukan yang di bumi ini.

Kolose 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Perkara-perkara yang diatas (surgawi) membawa kita pada keselamatan, perkara-perkara yang di bumi membawa kita kepada kebinasaan.

Saudaraku, mengenakan ketopong berarti menutup seluruh kepala kita dengan ketopong itu. Demikian juga mengenakan ketopong keselamatan berarti menaruhkan seluruh pikiran kita akan keselamatan. Tuhan Yesus adalah keselamatan kita.

II Korintus 10:5b Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,

Namun jangan salah saudaraku, saya berkata demikian bukan berarti kerja kita hanya berdoa saja setia hari. Kita tetap melakukan rutinitas kita sehar-hari. Kalau kita karyawan kita harus tetap bekerja dan sebaik-baiknya, kalau kita pengusaha kita juga harus tetap melakukan usaha kita sehari-hari dengan tidak melakukan tipu-menipu, dan biarlah apa yang kita kerjakan itu untuk kemuliaan Tuhan.

Kolose 3:23 Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Oh ya saudara, saya baru teringat ternyata ada satu ketopong yang bukan berasal dari Tuhan yang banyak beredar di dunia. Hati-hatilah jangan sampai kita mengenakannya. Karena satu kepala tidak akan pernah bisa mengenakan dua ketopong. Itulah ketopong yang berasal dari roh-roh dunia. Dibawah ini ayatnya.

Kolose 2:8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.

Saya yakin kita mengerti apa maksud ayat ini. Pada umumnya ketopong ini kelihatannya baik karena jarang mengajarkan hal yang jahat. Tapi itu adalah salah satu trik iblis agar kita tidak lagi berpegang kepada ajaran Tuhan Yesus, melainkan kepada ajaran-ajaran dunia ini. Salah satu contohnya adalah membawa gunting bagi ibu-ibu hamil dapat melindungi bayi dari niat jahat orang lain. Di televisi sekarang banyak iklan-iklan yang dengan kita mengetik : reg ke no xxxx di HP kita maka kita akan mendapat cara untuk menjadi kaya, hidup yang senang dan lain sebagainya. Bahkan banyak lagi ajaran-ajaran lainnya yang tidak sesuai dengan iman kita.

Saudaraku, di kayu salib Tuhan Yesus di kenakan mahkota duri pada kepalanya. Itu semua ditanggung-Nya agar kita lepas dari hukuman kekal yang seharusnya kita tanggung akibat pikiran-pikiran kita yang jahat dan dari ketopong roh-roh dunia ini yang selama ini kita pakai. Oleh sebab itu marilah kita bersyukur memuji Dia dan mengenakan ketopong baru yaitu ketopong keselamatan yang dari pada Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.
Bersambung….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: