Perlengkapan Senjata Allah III

Berdiri tegap dan berikat pinggangkan kebenaran

Efesus 6:13-17 Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah,

Dalam artikel terdahulu kita sudah membahas trik tipu daya iblis dan celah-celah dalam kehidupan manusia yang dimanfaatkan iblis untuk menguasai dan mengikat manusia. Dari ayat diatas kita melihat bahwa Tuhan meminta kita untuk mengambil perlengkapan senjata Allah. Benar sekali, karena kita tidak dapat melawan iblis dengan kekuatan kita sendiri. Kita bisa melawan iblis hanya dengan perlengkapan senjata Allah. Tanpa pertolongan Tuhan kita akan menjadi bulan-bulanan iblis.
Yakobus 4:7 Serahkanlah dirimu kepada Allah, tetapi lawanlah Iblis, maka Iblis itu akan lari kelak daripadamu.(Alkitab LAI terjemahan lama).

Ayat ini menjelaskan bahwa sebelum kita melawan iblis kita harus terlebih dahulu menyerahkan diri kita kepada Allah. Artinya kita harus hidup didalam ketetapan dan kebenaran Tuhan. Maka iblis tidak akan berkuasa atas kita, malah sebaliknya ia akan lari dari kita. Genaplah firman Tuhan yang tertulis dalam Roma 8:31b “Jika Allah dipihak kita, siapakah yang akan melawan kita? (Tidak ada!!!).

Saudaraku, dari Efesus 6:14-17 diatas kita menemukan enam perlengkapan senjata Allah yaitu :
1. Ikat pinggang kebenaran.
2. Baju jirah keadilan.
3. Kasut kerelaan memberitakan injil.
4. Perisai iman.
5. Ketopong keselamatan.
6. Pedang Roh.
Lima diantara perlengkapan senjata itu adalah untuk perlindungan/pertahanan, hanya satu yang di gunakan untuk menyerang yaitu pedang Roh. Ini menunjukkan betapa pentingnya pertahanan. Pertahanan yang kokoh dan menyeluruh membuat kita dapat bertahan menghadapi serangan lawan.

Namun sebelum kita memakai perlengkapan itu, ada satu syarat yang Tuhan minta, yaitu “berdirilah tegap” (Efesus 6:14a). Tuhan tidak ingin kita menjadi orang yang loyo, patah semangat dan kalah sebelum berperang.

Sikap berdiri tegap menunjukkan bahwa kita telah siap dan terlatih untuk bertempur. Sikap berdiri tegap juga menunjukkan bahwa kita tidak takut menghadapi apapun yang akan menjadi lawan kita. Namun sebaliknya, sikap yang loyo dan patah semangat menunjukkan bahwa kita “takut” dan tidak siap untuk bertempur. Semua perlengkapan senjata itu tidak akan berguna kalau kita tidak siap untuk bertempur. Orang yang tidak siap bertempur jangan maju, karena hanya akan menuai kekalahan.

Berdiri tegap juga menunjukkan sikap siap siaga dan berjaga-jaga atas segala kemungkinan serangan musuh. Sehingga ketika ada serangan tiba-tiba kita sudah siap untuk menghadapinya. Dalam pertempuran, secanggih apapun senjata kita tidak akan berguna kalau kita tidak siap siaga dalam menghadapi serangan musuh yang tiba-tiba.

I Petrus 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Saudaraku, berikut ini adalah pembahasan kita mengenai enam perlengkapan senjata Allah diatas.

1. Berikat pinggangkan kebenaran (Efesus 6:14)
Untuk mengerti hal ini saya tidak berusaha mengartikannya sesuai dengan pemikiran saya, melainkan mengartikannya sesuai dengan firman Tuhan. Untuk itu mari kita perhatikan ayat di bawah.

Yesaya 11:5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang.

Berdasarkan ayat ini kita melihat bahwa berikat pinggangkan kebenaran artinya kita senantiasa hidup dan setia dalam kebenaran. Sama seperti ikat pingang yang tetap terikat demikian pula kebenaran tetap terikat dalam hidup kita. Dalam Yohannes 17:17 di katakan bahwa firman Tuhan adalah kebenaran. Jadi berikat pinggangkan kebenaran sama dengan kita hidup dan setia dalam melakukan firman Tuhan.

Saudaraku, kita harus senantiasa hidup dalam kebenaran firman Tuhan agar iblis tidak punya celah untuk dapat masuk dan menguasai kita, dan tidak mempunyai sesuatu yang dapat dipakai untuk mendakwa kita dimasa yang akan datang. Ada satu trik licik iblis. Ia senantiasa merekam dan mengingat setiap yang kita kerjakan. Hati-hatilah, jika saat ini kita mengerjakan suatu hal yang tidak benar dan bertentangan dengan firman Tuhan, maka suatu saat ia akan mengingatkan dan mendakwa kita akan hal itu, akibatnya bisa menghambat pertumbuhan kerohanian kita. Ia berkata “Hei, kamu pernah melakukan dosa ini..dosa itu…kamu tidak pantas melayani, tidak ada gunanya kamu bertobat. Dosamu terlalu besar, Tuhan tidak akan mengampuni dosamu.”

Oleh sebab itu, betapa pentingnya ikat pinggang kebenaran, karena hal ini adalah salah satu alat pertahanan kita yang berguna menutup celah bagi iblis agar tidak masuk dan menjatuhkan kita melalui dakwaan-dakwaan kesalahan masalalu dan biarlah kita senantiasa mengenakannya pada pinggang kita. Tuhan Yesus memberkati. (bersambung…)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: